Tingkat Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Sedayu I Bantul

Main Article Content

Wahyuningsih Wahyuningsih Veny Narullita

Abstract

Penyebab kematian ibu pada saat persalinan salah satunya karena perdarahan. Perdarahan terjadi karena kadar hemoglobin yang rendah atau anemia. Ada banyak faktor penyebab anemia pada ibu hamil salah satunya adalah ketidakpatuhan ibu untuk mengkonsumsi tablet Fe.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia di Puskesmas Sedayu I Bantul.Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif. Populasi penelitian seluruh ibu hamil trimester III yang melakukan kunjungan ANC di Puskesmas Sedayu I yaitu sebanyak 40 responden. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen untuk menilai tingkat kepatuhan menggunakan kuisioner dan instrumen untuk kejadian anemia menggunakan cek Hb. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan dari 40 responden, yang tidak patuh mengalami anemia sebanyak 12 responden (75%) dan yang tidak anemia sebanyak 4 responden (25%).Sedangkan yang patuh mengalami anemia sebanyak 10 responden (41,7) dan yang tidak anemia sebanyak 14 responden (58,3%). Hasil perhitungan uji Chi Square didapatkan  nilai P-value sebesar 0,038 (P<0,05). Kesimpulan penelitianiniadalah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepatuhan mengkonsumsi tablet Fe dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
WAHYUNINGSIH, Wahyuningsih; NARULLITA, Veny. Tingkat Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Sedayu I Bantul. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 5, p. 51-55, nov. 2018. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/287>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v5i0.287.
Keywords
Konsumsi Tablet Fe; Anemia; Ibu hamil
Section
Maternal And Neonatal Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 384 times