PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DETEKSI DINI DMPADA MASYARAKAT DI PEDUKUHAN NGEMPLAKKARANG JATI KELURAHAN SINDUADI MLATI SLEMANYOGYAKARTA

Main Article Content

Ni Luh Putu Sri Ayu Pancawati Santi Damayanti

Abstract

Latar Belakang : DM (DM) merupakan penyakit degeneratif, diabetes adalah salah satu di antara penyakit tidak menular yang akan meningkat jumlahnya di masa mendatang. untuk mendeteksi dini adanya DM dapat dilakukan dengan pemeriksaan secara dini. Pengendalian DM lebih diprioritaskan pada pencegahan dini DM melalui upaya pencegahan promotif dan preventif.
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan deteksi dini DM pada masyarakat Pedukuhan Ngemplak Karang Jati Kelurahan Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta.
Metode Penelitian : Penelitian ini termasuk quasi Ekperiment design, dengan menggunakan rancangan Two -Pretest -Posttest With Control Group. Populasi adalah keluarga pasien DM yang berisiko dan berada di Pedukuhan Ngemplak Karang Jati Kelurahan Sinduadi Mlati Sleman. Sampel (n) penelitian ini 40 keluarga berisiko DM dengan teknik pengambilan sampling secara Purposive Sampling. Alat pengukuran mengunakan kuesioner, waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret 2013. Analisis yang digunakan adalah Wilcoxon Match Pairs Test dan Mann-Whitney U-Test.
Hasil : Perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dari data kelompok kon trol hasil Z hitung -2.781 dengan asymp.sig sebesar 0.005 (asymp.sig n< 0,05) dan pada kelompok ekperimen hasil Z hitung -3.930 dengan asymp.sig 0.000 (asymp.sig < 0,05). Perbedaan hasil kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan melakukan uji beda hasil didapatkan Z hitung -2.761 dengan asymp.sig 0.006 (asymp.sig < 0,05).
Kesimpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan deteksi dini DM pada masyarakat Pedukuhan Ngemplak Karang Jati Kelurahan Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta .
Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Deteksi dini, DM


1. Mahasiswa SI keperawatanUniversitas Respati Yogyakarta
2. Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SRI AYU PANCAWATI, Ni Luh Putu; DAMAYANTI, Santi. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DETEKSI DINI DMPADA MASYARAKAT DI PEDUKUHAN NGEMPLAKKARANG JATI KELURAHAN SINDUADI MLATI SLEMANYOGYAKARTA. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 3, n. 1, mar. 2016. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/171>. Date accessed: 19 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v3i1.171.
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 972 times