PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN BERNYANYI TERHADAP KETERAMPILAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA TK PKK INDRIARINI YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Perilaku cuci tangan pakai sabun sangat efektif untuk mencegah penyakit. Cuci tangan didapat
melalui penyuluhan kesehatan menggunakan media video dan bernyanyi. Media video merupakan
media yang efektif karena dapat dilihat secara langsung, sehingga minat siswa menjadi semakin
tertarik dan media bernyanyi sebagai pembelajaran mengembangkan meningkatkan rasa kesadaran.
hasil observasi kepada 4 siswa terdapat 2 siswa melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun
dan 2 orang tidak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh penyuluhan
kesehatan menggunakan media video dan bernyanyi terhadap keterampilan cuci tangan pakai sabun
(CTPS) pada siswa TK PKK Indriarini Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperiment
dengan two group pre test - post test design.Tekhnik sampling menggunakan Consecutive Sampling,
dan analisa data menggunakan McNemar Test dan Chi Square Test dengan 30 siswa sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukkan sebelum penyuluhan kesehatan semua siswa kurang memiliki
keterampilan CTPS yang benar 0% dan setelah dilakukan penyuluhan kesehatan keterampilan siswa
perempuan meningkat 58,7 % dan 50,0% pada laki-laki. Dengan nilai p-value 0,005 untuk media
video dan 0,031 untuk media bernyanyi. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan antara
penyuluhan kesehatan menggunakan media video dan bernyanyi terhadap keterampilan cuci tangan
pakai sabun (CTPS).
melalui penyuluhan kesehatan menggunakan media video dan bernyanyi. Media video merupakan
media yang efektif karena dapat dilihat secara langsung, sehingga minat siswa menjadi semakin
tertarik dan media bernyanyi sebagai pembelajaran mengembangkan meningkatkan rasa kesadaran.
hasil observasi kepada 4 siswa terdapat 2 siswa melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun
dan 2 orang tidak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh penyuluhan
kesehatan menggunakan media video dan bernyanyi terhadap keterampilan cuci tangan pakai sabun
(CTPS) pada siswa TK PKK Indriarini Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperiment
dengan two group pre test - post test design.Tekhnik sampling menggunakan Consecutive Sampling,
dan analisa data menggunakan McNemar Test dan Chi Square Test dengan 30 siswa sebagai sampel.
Hasil penelitian menunjukkan sebelum penyuluhan kesehatan semua siswa kurang memiliki
keterampilan CTPS yang benar 0% dan setelah dilakukan penyuluhan kesehatan keterampilan siswa
perempuan meningkat 58,7 % dan 50,0% pada laki-laki. Dengan nilai p-value 0,005 untuk media
video dan 0,031 untuk media bernyanyi. Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan antara
penyuluhan kesehatan menggunakan media video dan bernyanyi terhadap keterampilan cuci tangan
pakai sabun (CTPS).
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
SETIAWAN, Deden Iwan; ASMARANI, Fajarina Lathu; SARI, Dewi Retno.
PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN BERNYANYI TERHADAP KETERAMPILAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA TK PKK INDRIARINI YOGYAKARTA.
Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 232-237, sep. 2017.
ISSN 2541-2728.
Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/155>. Date accessed: 18 may 2024.
doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i3.155.
Section
Pediatric Nursing
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 693 times