Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Tentang Pemberian Kolostrum pada Ibu Hamil Di BPM Mei Suwarsono Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Main Article Content

ayu fitriani fitriani

Abstract

Rendahnya pengetahuan dan sikap ibu dapat menyebabkan ibu tidak memberikan kolustrum kepada bayi baru lahir. Berdasarkan data IMD dari BPM Mei Suwarsono pada bulan november - Desember 2014 terdapat 9 orang Ibu yang melakukan IMD. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kolostrum dengan sikap terhadap pemberian kolostrum pada ibu hamil di BPM Mei Suwarsono Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Cross sectional dengan teknik pengambilan sampel secara Accidental Sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 44 responden. Analisis data yang digunakan adalah Ranks Spearman. Pengetahuan ibu tentang pemberian kolostrum pada bayi baru lahir di BPM Mei Suwarsono sebagian besar mempunyai pengetahuan cukup yaitu 72,7%, dan bedasarkan sikap pemeberian kolostrum 86,4% positif , ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap tentang pemberian kolostrum pada ibu hamil dengan p-value 0,000 (p-value < 0,05). Ada hubungan pengetahuan tentang kolostrum dengan sikap pemberian kolostrum pada ibu hamil di BPM Mei suwarsono Sleman Yogyakarta.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap , Kolostrum

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
FITRIANI, ayu fitriani. Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Tentang Pemberian Kolostrum pada Ibu Hamil Di BPM Mei Suwarsono Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 39-43, sep. 2016. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/32>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v3i2.32.
Section
Basic Human Needs
Abstract viewed = 5012 times
PDF. Ayu downloaded = 1183 times Research instrument, other files downloaded = 0 times