Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Persalinan Dengan Kesiapan Menghadapi Persalinan Pada Trimester III Di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta

Main Article Content

Marniani Konga Naha Sri Handayani

Abstract

Kecemasan dalam menghadapi persalinan tidak lepas dari pengetahuan dan kesiapan ibu saat menjelang persalinan. Ibu yang mempunya pengetahuan dan kesiapan yang baik tentang persalinan akan menjaga kehamilannya dan menyiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk menghadapi persalinan, sehingga dapat meminimalkan kecemasan ibu jelang persalinan. Kecemasan yang timbul akibat kurangnya pengetahuan seperti informasi seputar kehamilan dan persalinan, akan berdampak ketidaksiapan ibu, dan akan memicu tingginya angka kehamilan pathologis serta menambah jumlah kematian ibu dan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitikdengan pendekatan desain crosssectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 98 responden dengan sampel sebanyak 34 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposivesampling. Hasil uji kendaltaudengannilai korelasi sebesar -0,319, dan  nilai p= value 0,043< α = 0,05pada tingkat kepercayaan 95% ( 0,05).Ada hubungan pengetahuan tentng persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta. Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan ibu hamil trimester III tentang persalinan berhubungan dengan kesiapan ibu dalam menghadapi persalinan pada trimester III.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NAHA, Marniani Konga; HANDAYANI, Sri. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Persalinan Dengan Kesiapan Menghadapi Persalinan Pada Trimester III Di Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 5, p. 56-61, nov. 2018. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/288>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v5i0.288.
Keywords
Pengetahuan; Kesiapan; Persalinan
Section
Maternal And Neonatal Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 994 times