Pengaruh Intervensi Edukasi Suportif Terhadap Kepatuhan Dalam Pengontrolan Tekanan Darah Pasien Hemodialisis Di Rsup Dr. Hasan Sadikin Bandung

Main Article Content

Raisa Farida Kafil Helwiyah Ropi Urip Rahayu

Abstract

Hipertensi yang tidak terkontrol merupakan permasalahan umum pada pasien hemodialisis. Pengelolaan hipertensi tidak dapat tercapai apabila hanya mengandalkan tenaga kesehatan saja. Dibutuhkan partisipasi aktif dari pasien melalui tindakan pengelolaan tekanan darah yang adekuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh intervensi edukasi suportif terhadapkepatuhan dalam pengontrolan tekanan darah pasien hemodialisa di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan pretest and posttest design with a comparison group dengan jumlah sampel sebanyak 30 pasien di Instalasi Hemodialisis RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji t-berpasangan untuk mengetahui pengaruh edukasi suportif terhadap kepatuhan pasien.Terdapat perbedaan pengaruh intervensi edukasi suportif antara pretest dan posttest pada kelompok intervensi terhadap kepatuhan dalam pengontrolan tekanan darah (p=0,000).Simpulanpenelitianiniadalah edukasi suportif berpengaruh positif terhadap kepatuhan pasien dan dapat direkomendasikan sebagai intervensi pada perawatan pasien hemodialisis dalam pengontrolan hipertensi di Instalasi Hemodialisa RSHS Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KAFIL, Raisa Farida; ROPI, Helwiyah; RAHAYU, Urip. Pengaruh Intervensi Edukasi Suportif Terhadap Kepatuhan Dalam Pengontrolan Tekanan Darah Pasien Hemodialisis Di Rsup Dr. Hasan Sadikin Bandung. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 5, p. 45-50, nov. 2018. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/286>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v5i0.286.
Keywords
Edukasi suportif; Hemodialisis; Kepatuhan; Tekanan Darah
Section
Maternal And Neonatal Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 558 times