Pengetahuan Perawat Tentang Family Centered-Care Dengan Sikap Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Anak

Main Article Content

Anafrin Yugistyowati Selamet Santoso

Abstract

Family Centered-Care (FCC) adalah pendekatan keperawatan yang melibatkan keluarga dalam pemberian asuhan keperawatan kepada anak. Sikap perawat dapat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, pengalaman kerja, dan usia.Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hubungan pengetahuan perawat tentang FCC dengan sikap dalam pemberian asuhan keperawatan di ruang rawat inap anak.Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi melalui pendekatan cross sectional yaitu mengambil data dalam satu waktu bersamaan (Point time approach). Dalam penelitian ini responden berjumlah 30 perawat yang berada di bangsal anak dengan kriteria yang sudah ditentukan dan responden orang tua berjumlah 37 orang.Pengetahuan perawat tentang FCC di RSUD Panembahan Senopati Bantul dalam kategori cukup 11 orang (68,8%) dan pengetahuan perawat di RSUD Wates dalam kategori cukup 12 orang (85,7%). Orang tua memberikan nilai sikap kepada perawat di RSUD Panembahan Senopati dalam kategori baik sebanyak 16 orang (84,2%) dan di RSUD Wates dalam kategori baik sebanyak 14 orang (77,8%). Hasil Crosstabulation antara pengetahuan perawat dengan sikap dengan uji Spearmen Rank diperoleh nilai p=0,717 (p>0,05), yang artinya tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan perawat tentang FCC dengan sikap dalam pemberian asuhan keperawatan.Kesimpulan penelitianiniadalah Tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat tentang FCCdengan sikap dalam pemberian asuhan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
YUGISTYOWATI, Anafrin; SANTOSO, Selamet. Pengetahuan Perawat Tentang Family Centered-Care Dengan Sikap Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Anak. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 5, p. 39-44, nov. 2018. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/285>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v5i0.285.
Keywords
Family Centered-Care; Pengetahuan; Perawat; Sikap
Section
Family Health Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2331 times