Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan : Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners

Main Article Content

Totok Harjanto Dimas Septian Eko Wahyu Sumunar

Abstract

E-learning sebagai metode pembelajaran kontemporer mempengaruhi terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital. E-learning meningkatkan kesempatan belajar mahasiswa yang otonom dan self-directed-learner. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mendesain inovasi pembelajaran klinik bagi mahasiswa profesi ners secara blended learningyang kemudian didukung oleh institusi pendidikan keperawatan mitra.Massive open online course (MOOC) digunakan sebagai sistem pengelolaan pembelajaran dalam jaringan yang memungkinkan penyebarluasan ilmu pengetahuan Implementasi e-learning dalam pembelajaran klinis mahasiswa keperawatan profesi ners memunculkan berbagai tantangan dan peluang. Penggunaan e-Learning dalam Praktik Profesi Keperawatan Dasar, serta Praktik Profesi Manajemen Keperawatan telah dilaksanakan. Kebijakan institusi, upaya mencapai tujuan pembelajaran oleh dosen penanggung jawab, serta fleksibilitas media pembelajaran adalah peluang yang ditemukan selama program dislenggarakan. Di sisi lain, kendala teknis, keterbatasan akses internet, serta lemahnya pendampingan dan supervisi menjadi tantangan penyelenggaraan pendidikan profesi ners dengan integrasi e-Learning. Tantangan dan peluang ini perlu dikelola secara tepat agar luaran pendidikan keperawatan dapat dicapaidengan dukungan melalui pembelajaran dalam jaringan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HARJANTO, Totok; SUMUNAR, Dimas Septian Eko Wahyu. Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan : Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 5, p. 24-28, nov. 2018. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/282>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v5i0.282.
Keywords
E-learning; Tantangan Dan Peluang Implementasi; Praktek Profesi Ners
Section
Management in Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2545 times