Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan : Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners
Main Article Content
Abstract
E-learning sebagai metode pembelajaran kontemporer mempengaruhi terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital. E-learning meningkatkan kesempatan belajar mahasiswa yang otonom dan self-directed-learner. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mendesain inovasi pembelajaran klinik bagi mahasiswa profesi ners secara blended learningyang kemudian didukung oleh institusi pendidikan keperawatan mitra.Massive open online course (MOOC) digunakan sebagai sistem pengelolaan pembelajaran dalam jaringan yang memungkinkan penyebarluasan ilmu pengetahuan Implementasi e-learning dalam pembelajaran klinis mahasiswa keperawatan profesi ners memunculkan berbagai tantangan dan peluang. Penggunaan e-Learning dalam Praktik Profesi Keperawatan Dasar, serta Praktik Profesi Manajemen Keperawatan telah dilaksanakan. Kebijakan institusi, upaya mencapai tujuan pembelajaran oleh dosen penanggung jawab, serta fleksibilitas media pembelajaran adalah peluang yang ditemukan selama program dislenggarakan. Di sisi lain, kendala teknis, keterbatasan akses internet, serta lemahnya pendampingan dan supervisi menjadi tantangan penyelenggaraan pendidikan profesi ners dengan integrasi e-Learning. Tantangan dan peluang ini perlu dikelola secara tepat agar luaran pendidikan keperawatan dapat dicapaidengan dukungan melalui pembelajaran dalam jaringan.
Downloads
Article Details
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).