Pengaruh Simulasi Tentang Cara Menghadapi Bencana Dengan Kemampuan Penanganan Bencana Gempa Bumi Di MAN 3 Kediri
Main Article Content
Abstract
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki 17.504 pulau dari Sabang sampai Merauke. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire). Dari keadaan geografis tersebut Indonesia sering mengalami bencana alam, baik bencana gunung meletus, tsunami, banjir, kebakaran dan lainnya. Banyaknya korban akibat bencana alam memberikan indikasi bahwa kesiagaan masyarakat terhadap bencana masih sangat buruk. Masyarakat memiliki peran penting dalam penanganan bencana. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu adanya pelatihan simulasi bagi siswa SMU cara mengehadapi bencana untuk mencegah korban lebih lanjut. Tujuan dari penelitian mengetahui pengaruh simulasi cara menghadapi bencana terhadap kemampuan penanganan bencana siswa MAN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan desain Quasy eksperiment dengan menerapkan simulasi penanganan bencana pada kelompok intervensi. Pemantauan kemampuan penanganan bencana menggunakan lembar kuesioner dilakukan pada saat pre test dan post test dan kemudian dianalisis dengan uji Wilcoxon. Dari hasil uji statistik di dapatkan hasil Pvalue= 0,000 kurang dari α= 0,05, yang perarti ada pengaruh simulasi penanganan bencana terhadap kemampuan kemampuan penanganan bencana siswa MAN 3 Kediri. Pemberian simulasi penanganan bencana dapat melatih ketrampilan , memperoleh pemahaman tentang suatu konsep atau prinsip, melatih memecahkan masalah, meningkatkan keaktifan belajar, memberikan motivasi belajar, melatih untuk mengadakan kerjasama, kreatifitas dan, melatih untuk mengembangkan sikap toleransi sehingga dapat meningkatkan kemampuan penanganan bencana pada siswa MAN 3 Kediri.
Downloads
Article Details
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).