Pengaruh Active Assistive Range Of Motion Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah 2 Jam Post-Pradial Pada Pasien Dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Puskesmas Kerja Ngleti Kota Kediri

Main Article Content

Efa Nur Aini Sabilla Puspa Andy

Abstract

Diabetes Mellitus adalah penyakit metabolik yang ditandai oleh hiperglikemia yang terjadi karena gangguan kerahasiaan insulin. Latihan fisik adalah salah satu terapi yang direkomendasikan untuk menurunkan kadar glukosa darah. Active Assistive Range Of Motion (AAROM) adalah gerakan isotonik. Ini adalah pemendekan kontraksi otot gerak. Saat otot membangun dan membutuhkan energi, kebutuhan glukosa meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh AAROM terhadap penurunan glukosa darah selama 2 jam postprandial terhadap pasien dengan diabetes melitus tipe 2. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain pre-post dengan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan pada 14 responden dengan teknik accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah uji parametrik Independent t-test dengan tingkat kredibilitas 95% (a = 0,05) hasil menunjukkan bahwa (p value 0,017 <a = 0,05) menggunakan Independent t-test. disimpulkan bahwa ada efek AAROM terhadap penurunan kadar glukosa darah 2 jam postprandial ke DM tipe 2. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan keluarga memberikan terapi alternatif agar pasien tidak selalu kecanduan obat farmakologi. AAROM adalah salah satu terapi non-farmakologi latihan fisik untuk pasien dengan DM tipe 2.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
AINI, Efa Nur; ANDY, Sabilla Puspa. Pengaruh Active Assistive Range Of Motion Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah 2 Jam Post-Pradial Pada Pasien Dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Puskesmas Kerja Ngleti Kota Kediri. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 399-405, may 2018. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/215>. Date accessed: 16 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v5i2.215.
Keywords
AAROM; kadar glukosa darah 2 jam postprandial; DM tipe 2
Section
Community Health Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 370 times