PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DALAM PENCEGAHAN ULKUS KAKI DIABETIK DI POLIKLINIK RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Main Article Content

Ni Putu Mirah Ayu, Santi Damayanti

Abstract

Latar Belakang: Diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu penyakit degeneratif yangmemerlukan perawatan yang komplek dengan prosedur yang rumit.Tingkat pengetahuan pasien terhadap penyakitnya mempengaruhi pasien dalam pencegahan ulkus kaki diabetik. Prevalensi DM di Indonesia 5,7%, sedangkan di DI Yogyakarta 5,4%. Di RSUD Panembahan Senopati jumlah pasien DM tahun 2012 sebanyak 1292 pasien.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuanpasien DM tipe 2 dalam pencegahan ulkus kaki diabetik di Poliklinik RSUD panembahan Senopati Bantul.

Metode Penelitian: Desain penelitia ini adalah Quasi eksperiment dengan rancangan two group pretest postest with control group. Pengambilan responden dengan teknik consecutive sampling.Subjek penelitian adalah pasien DM tipe 2 sebanyak 54 responden yang dibagi ke dalam 27 kelompok kontrol dan 27 kelompok eksperimen dengan teknik random sampling.Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test dan Mann Whitney U-Test.

Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan pasien DM kelompok eksperimenl sebelum mendapatkan perlakuan dalam pengetahuan baik 51.90% dan tingkat pengetahuan setelah mendapatkan perlakuan dalam pengetahuan baik 96.30%. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test dari kelompok eksperimen didapat p-value sebesar 0.0001.Sedangkanhasil uji Wilcoxon Match Pairs Test pada kelompok kontrol didapat p-value sebesar 1.000.DanHasil uji Mann-Whitney U-Test didapat p-value sebesar 0.000.

Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan pasien DM tipe 2 dalam pencegahan ulkus kaki diabetik di Poliklinik RSUD panembahan Senopati Bantul.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SANTI DAMAYANTI, Ni Putu Mirah Ayu,. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DALAM PENCEGAHAN ULKUS KAKI DIABETIK DI POLIKLINIK RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 13-19, jan. 2018. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/173>. Date accessed: 20 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v2i1.173.
Keywords
Pendidikan Kesehatan, Diabetes Melitus, Tingkat pengetahuan
Section
Emergency And Critical Care Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2486 times