PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN CAREGIVER DALAM PERAWATAN PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II
Main Article Content
Abstract
Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronik yang membutuhkan perawatan dalam jangka waktu
yang lama, Dalam hal ini kemampuan caregiver dibutuhkan karena merupakn salah satu faktor
penting pengelolaan penyakit Diabetes Mellitus.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
psikoedukasi terhadap kemampuan caregiver dalam perawatan penderita Diabetes Mellitus.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment dengan metode pre post with control
group pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 46 caregiver yang sesuai
dengan kriteria inklusi dan dibagi dalam 2 kelompok perlakuan psikoedukasi (n=23) dan kontrol
(n=23). Variabel yang diukur dalam penelitian ini dukungan caregiver. Penelitian ini menggunakan
uji statistik paired t test, independent test dengan tingkat( p value 0.05). Dari uji statistik didapatkan
hasil (p value 0.001 < 0,.05) sehingga disimpulkan bahwa secara statistik menunjukkan ada
perbedaan pada kelompok perlakukan dan kontrol setelah intervensi psikoedukasi. Berdasarkan hasil
penelitian ini psikoedukasi dapat dijadikan intervensi mandiri keperawatan dalam meningkatkan
kemampuan caregiver dalam perawatan Diabetes Mellitus tipe II.
yang lama, Dalam hal ini kemampuan caregiver dibutuhkan karena merupakn salah satu faktor
penting pengelolaan penyakit Diabetes Mellitus.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
psikoedukasi terhadap kemampuan caregiver dalam perawatan penderita Diabetes Mellitus.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperiment dengan metode pre post with control
group pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari 46 caregiver yang sesuai
dengan kriteria inklusi dan dibagi dalam 2 kelompok perlakuan psikoedukasi (n=23) dan kontrol
(n=23). Variabel yang diukur dalam penelitian ini dukungan caregiver. Penelitian ini menggunakan
uji statistik paired t test, independent test dengan tingkat( p value 0.05). Dari uji statistik didapatkan
hasil (p value 0.001 < 0,.05) sehingga disimpulkan bahwa secara statistik menunjukkan ada
perbedaan pada kelompok perlakukan dan kontrol setelah intervensi psikoedukasi. Berdasarkan hasil
penelitian ini psikoedukasi dapat dijadikan intervensi mandiri keperawatan dalam meningkatkan
kemampuan caregiver dalam perawatan Diabetes Mellitus tipe II.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
SISWOARIBOWO, Andika; ADI, M Sakundarno; MUIN, Muhammad.
PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN CAREGIVER DALAM PERAWATAN PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE II.
Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 247-251, sep. 2017.
ISSN 2541-2728.
Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/158>. Date accessed: 18 may 2024.
doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i3.158.
Section
Pediatric Nursing
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 409 times