EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA DI SDN KALONGAN SLEMAN YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jarijari
menggunakan air mengalir dan sabun. Pengetahuan anak mengenai cuci tangan yang
benar sangatlah minim, dikarenakan kurangnya informasi yang di peroleh anak baik dari
orang tua, sekolah maupun dari dinas kesehatan setempat. Pada hal peranan mereka yang
sangat dominan akan mempengaruhi kualitas hidup anak dikemudian hari. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Mencuci
Tangan yang benar Pada Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif, rancangan penelitiannya eksperimen semu (Quasi eksperimen), dengan pendekatan
Time Series Design, dengan jumlah responden 39 orang. Data dianalisis dengan t-test dan
hasil dikatakan bermakna jika p <0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan
nilai rata-rata cuci tangan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan setelah
diberikan pendidikan kesehatan dengan nilai p value < 0,05.
menggunakan air mengalir dan sabun. Pengetahuan anak mengenai cuci tangan yang
benar sangatlah minim, dikarenakan kurangnya informasi yang di peroleh anak baik dari
orang tua, sekolah maupun dari dinas kesehatan setempat. Pada hal peranan mereka yang
sangat dominan akan mempengaruhi kualitas hidup anak dikemudian hari. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Mencuci
Tangan yang benar Pada Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif, rancangan penelitiannya eksperimen semu (Quasi eksperimen), dengan pendekatan
Time Series Design, dengan jumlah responden 39 orang. Data dianalisis dengan t-test dan
hasil dikatakan bermakna jika p <0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan
nilai rata-rata cuci tangan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan setelah
diberikan pendidikan kesehatan dengan nilai p value < 0,05.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
ASDA, Patria; WAYON, Adolf F.
EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA DI SDN KALONGAN SLEMAN YOGYAKARTA.
Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 217-220, sep. 2017.
ISSN 2541-2728.
Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/152>. Date accessed: 18 may 2024.
doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i3.152.
Section
Pediatric Nursing
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 603 times