PENGARUH MEDITASI TERHADAP KESEJAHTERAAN SPIRITUAL PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA YOGYAKARTA UNIT ABIYOSO

Main Article Content

Yane Cristiane Ua Sanan, Induniasih, Suwarsi

Abstract

LatarBelakang: Indikatorkemajuan Negara salah satunya dilihat dari umur harapan hidup. Umur harapan hidup dari tahun 2008-2012 terus bertambah dan jumlah lanjut usia yang berumur 60-64 terus mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah lanjut usia berpengaruh pada lansia salah satunya masalah kesejahteraan spiritual. Kesejahteraan spiritual di PSTW Yogyakarta Unit Abiyoso, empat dari tujuh lansia tidak memiliki motivasi dan harapan untuk mengembangkan kehidupan dan tiga antaranya masih bingung dengan tujuan hidupnya. Intervensi untuk masalah kesejahteraan spiritual salah satunya adalah dengan meditasi.

 

Tujuan:Mengetahuipengaruhmeditasiterhadapkesejahteraan spiritual padalansia di PSTW Yogyakarta Unit Abiyoso.

 

Metodepenelitian:Penelitian pre-experimentaldengan rancangan one grouppretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh lansia di PSTW Yogyakarta Unit Abiyoso sebanyak 125 lansia. Teknik sampling yang digunakanadalahpurposive samplingdengan jumlah sampel 22 orang. Analisa data menggunakan McNemar test

 

Hasil:Kesejahteraan spiritual sebelum dilakukan intervensi meditasi lebih banyak yang tidak sejahtera. Kesejahteraan spiritual sesudah diberikan intervensi meditasi lebih banyak yang sejahtera.

 

Kesimpulan: Ada pengaruh meditasi terhadap kesejahteraan spiritual pada lansia di Panti Sosial TresnaWerdha Yogyakarta Unit Abiyoso.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUWARSI, Yane Cristiane Ua Sanan, Induniasih,. PENGARUH MEDITASI TERHADAP KESEJAHTERAAN SPIRITUAL PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA YOGYAKARTA UNIT ABIYOSO. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 21-28, nov. 2017. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/143>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v2i2.143.
Keywords
Kesejahteraan spiritual, lansia, meditasi
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 263 times