MODEL KONSELING TERSTRUKTUR DAN SMS GATEWAY DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PENGENDALIAN GULA DARAH DAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

Main Article Content

Adi Sucipto Siti Fadlilah

Abstract

Ketidakpatuhan terhadap penatalaksanaan pada pasien Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 menyebabkan glukosa darah tidak terkontrol. Pemberian konselingdan sms gateway adalah salah satu cara untukmeningkatkan pengetahuan, sikap dan kepatuhan pasien.Penelitian inibertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pemberian konseling DM dan sms  gateway dalam meningkatkan kepatuhan dan pengendalian gula darah dan HbA1c pada pasien DM tipe 2.Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan rancanganpre dan post control group design  yang dilakukan secara prospektifdi RSUD DrMoewardiSurakartaa dari bulan Maret-Mei2016. Sampel terdiri dari 44responden, dengan 22 kelompok intervensi dan 22 kelompok kontrol. Hasil pengukurandianalisis dengan menggunakan uji paired t test untuk kadar gula darah 2 jam post prandial (GDPP)dan HbA1c serta uji mac nemar untuk tingkat kepatuhan pasien.Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kepatuhan sebelum dan setelah dilakukan konseling pada kelompok intervensi (pdiit= 0,001; p kontrol = 0,002; p pill count = 0,000; p GDPP=0,000; HbA1c = 0,007) dan tidak ada perbedaan yang signifikan pada kelompok olahraga (p value = 0,549). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian konseling DM dan sms gateway sangat efektif dalam meningkatkan kepatuhan  diit, kontrol, pill count,keterkendalian gula darah post prandial (GDPP), HbA1c dan tidak efektif dalam meningkatkan kepatuhan olahraga pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUCIPTO, Adi; FADLILAH, Siti. MODEL KONSELING TERSTRUKTUR DAN SMS GATEWAY DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PENGENDALIAN GULA DARAH DAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 163-170, may 2017. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/117>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i2.117.
Keywords
Konseling, kepatuhan, diabetes mellitus
Section
Management in Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 337 times