PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRODI DIII KEPERAWATAN AKES KARYA HUSADA YOGYAKARTA

Main Article Content

pritta yunitasari

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh seorang mahasiswa keperawatan karena ini berdampak langsung pada hasil belajar mahasiswa. Model pembelajaran team based learning merupakan strategi student center learning yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran team based learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen pre-test-post-test with control group. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester II Prodi DIII Keperawatan AKES Karya Husada Yogyakarta berjumlah 91 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, setelah mendapatkan intervensi, motivasi belajar kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 119,19 + 19,19 sedangkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 100,36 + 23,26. Hasil belajar kelompok intervensi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 80,21 + 11,58, sedangkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 60,46 +16,32. Peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa Prodi DIII Keperawatan AKES Karya Husada Yogyakata dalam penerapan metode pembelajaran team based learning lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran ceramah yang dilakukan dua kali intervensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
YUNITASARI, pritta. PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRODI DIII KEPERAWATAN AKES KARYA HUSADA YOGYAKARTA. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 204-211, may 2017. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/106>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i2.106.
Keywords
Motivasi belajar, Hasil Belajar, Team Based Learning
Section
Management in Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 70 times