PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRODI DIII KEPERAWATAN AKES KARYA HUSADA YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Motivasi belajar merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh seorang mahasiswa keperawatan karena ini berdampak langsung pada hasil belajar mahasiswa. Model pembelajaran team based learning merupakan strategi student center learning yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran team based learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode ceramah. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen pre-test-post-test with control group. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester II Prodi DIII Keperawatan AKES Karya Husada Yogyakarta berjumlah 91 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, setelah mendapatkan intervensi, motivasi belajar kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 119,19 + 19,19 sedangkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 100,36 + 23,26. Hasil belajar kelompok intervensi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok intervensi sebesar 80,21 + 11,58, sedangkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 60,46 +16,32. Peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa Prodi DIII Keperawatan AKES Karya Husada Yogyakata dalam penerapan metode pembelajaran team based learning lebih tinggi dibandingkan metode pembelajaran ceramah yang dilakukan dua kali intervensi.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
YUNITASARI, pritta.
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PRODI DIII KEPERAWATAN AKES KARYA HUSADA YOGYAKARTA.
Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 204-211, may 2017.
ISSN 2541-2728.
Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/106>. Date accessed: 03 may 2024.
doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i2.106.
Keywords
Motivasi belajar, Hasil Belajar, Team Based Learning
Section
Management in Nursing
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 70 times