PENGARUH INTERVENSI KEPERAWATAN “CERDIKK” TERHADAP PENGENDALIAN DIABETES MELITUS PADA KELOMPOK LANSIA DI KELURAHAN CURUG KOTA DEPOK

Main Article Content

Hera Hastuti

Abstract

Prevalensi penyakit Diabetes Mellitus (DM) meningkat seiring bertambahnya usia lansia sebagai kelompok yang rentan. Sehingga perlu pemantauan dan pengendalian faktor risiko mencegah terjadinya komplikasi. Karya Ilmiah Akhir ini menggunakan integrasi teori manajemen keperawatan, community as partner, family centre nursing, dan health belief model. Pengkajian pada 30 lansia dengan total sampling. Bentuk intervensi yang digunakan yaitu pembentukan kelompok swabantu dan pendukung, promosi kesehatan, konseling, coaching dan terapi modalitas, dengan media dokumentasi BP2DM. Hasil pre-post intervensi CERDIKK selama 9 bulan menggunakan uji paired t-test dengan nilai p:0.000 memberikan makna ada pengaruh perilaku lansia dalam pengendalian DM, meningkat perilaku kelompok pendukung dan terjadi penurunan kadar gula darah lansia DM 73 mg/dl. Program CERDIKK dinyatakan efektif dalam pemantauan dan pengendalian DM lansia.  Diharapkan program ini melibatkan kader dan perawat komunitas secara aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
HASTUTI, Hera. PENGARUH INTERVENSI KEPERAWATAN “CERDIKK” TERHADAP PENGENDALIAN DIABETES MELITUS PADA KELOMPOK LANSIA DI KELURAHAN CURUG KOTA DEPOK. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 142-147, may 2017. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/100>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i2.100.
Keywords
Lansia, CERDIKK, Diabetes Mellitus
Section
Management in Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1711 times