Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar dan Status Kesehatan Mental pada Mahasiswa FISIP di Universitas Cenderawasih Papua
Main Article Content
Abstract
Dalam proses belajar, mahasiswa membutuhkan motivasi karena dapat mendorong dirinya untuk lebih giat belajar. Motivasi belajar mempunyai pengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Selain memperoleh indeks prestasi yang baik mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilannya melalui kegiatan berorganisasi. Terdapat dua tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar, dan hubungan antara keaktifan berorganisasi, motivasi belajar dan prestasi belajar dengan status kesehatan mental pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas selama 1 tahun. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif, dengan teknik RandomĀ Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 responden terdapat 40,0% mahasiswa aktif berorganisasi, 50,1% mahasiswa memiliki motivasi berprestasi dan 55,5% mempunyai status kesehatan mental yang tinggi. Selain itu penelitian ini memperlihatkan adanya hubungan positif dan signifikan terhadap (1) keaktifan berorganisasi dan motivasi berprestasi (2) motivasi berprestasi dan status kesehatan mental terhadap mahasiswa FISIP yang menjadi pengurus BEMU dan atau BEMF di UNCEN PAPUA
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
UDAM, Yuliana Amrita; RANIMPI, Yulius Y.
Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar dan Status Kesehatan Mental pada Mahasiswa FISIP di Universitas Cenderawasih Papua.
Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 702-707, sep. 2019.
ISSN 2541-2728.
Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/386>. Date accessed: 25 apr. 2024.
doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v6i3.386.
Keywords
keaktifan berorganisasi; motivasi belajar; prestasi belajar; status kesehatan mental
Section
Psychiatric Nursing
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2525 times
Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi, Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar dan Status Kesehatan Mental pada Mahasiswa FISIP di Universitas Cenderawasih Papua downloaded = 0 times