Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang Terhadap Peningkatan Kinerja Puskesmas Bancak Terkait Penurunan Angka Kematian Bayi (AKB)

Main Article Content

Delyn Viona Tomilanton Sanfia Tesabela Messakh Bagus Panuntun

Abstract

Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk mendukung kinerja puskesmas agar mencapai hasil yang optimal. Penurunan AKB merupakan salah satu aspek kesehatan yang terus menerus diupayakan. Data menunjukkan bahwa AKB tingkat Jawa Tengah belum mengalami penurunan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang terhadap peningkatan kinerja puskesmas bancak terkait AKB. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengambilan data dengan melakukan wawancara semi terstruktur untuk melihat dukungan pemerintah daerah kabupaten semarang dan penurunan AKB di puskesmas. Subjek penelitiannya adalah kepala puskesmas, bidan koordinator anak, dan bidan koordinator ibu. Lokasi penelitian yaitu di Puskesmas Bancak, Kabupaten Semarang. Hasil penelitian, ditemukan tiga tema yaitu: penyebab kematian bayi, upaya-upaya yang dilakukan puskesmas dalam menurunkan AKB, dan dukungan-dukungan yang diberikan kepada puskesmas untuk menurunkan AKB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk menurunkan AKB di Puskesmas Bancak yang disebabkan oleh kematian bayi prematur dilakukan dalam 12 program kerja yang sudah dijalankan dengan beberapa dukungan yang diberikan baik dari pemerintah daerah kabupaten semarang maupun dari dinas kesehatan kabupaten semarang dan Puskesmas Bancak sendiri dalam upaya menurunkan AKB.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
TOMILANTON, Delyn Viona; MESSAKH, Sanfia Tesabela; PANUNTUN, Bagus. Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang Terhadap Peningkatan Kinerja Puskesmas Bancak Terkait Penurunan Angka Kematian Bayi (AKB). Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 575-582, may 2019. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/315>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v6i2.315.
Keywords
Dukungan Pemerintah; Peningkatan Kinerja; Angka Kematian Bayi
Section
Management in Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 484 times DUKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN SEMARANG TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PUSKESMAS BANCAK TERKAIT PENURUNAN ANGKA KEMATIAN BAYI (AKB) downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)