Pengaruh Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah di Paud Terpadu Aisyiyah Nur’aini Yogyakarta

Main Article Content

Rosikhah Al Maris Yayi Suryo Prabandari Akhmadi Akhmadi

Abstract

Kecemasan masuk sekolah secara sederhana dapat diartikan sebagai bagian dari kecemasan umum akibat rasa takut berpisah dari ibu atau pengganti ibu, dan ketidakmampuan berdiri sendiri. Kecemasan yang dialami oleh anak usia prasekolah  akan berisiko mengganggu tumbuh kembang anak. Pada anak, membaca merupakan bagian dari fokus perkembangan. Biblioterapi merupakan salah satu bentuk dari terapi yang melibatkan buku untuk membantu anak dengan masalah mental maupun emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biblioterapi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’Aini Yogyakarta. Penelitian ini adalah quasi experimental dengan pre-test dan post-test design tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’Aini Yogyakarta pada bulan September 2015 dengan besar sampel 27 responden yang pada pelaksanaan biblioterapi dibagi menjadi tujuh kelompok kecil. Instrumen pengukuran tingkat kecemasan yang digunakan adalah SCAS (Spence Children’s Anxiety Scale) yang ditulis oleh Susan H. Spence tahun 2000.  Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah biblioterapi berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan tingkat kecemasan anak usia prasekolah di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’Aini Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MARIS, Rosikhah Al; PRABANDARI, Yayi Suryo; AKHMADI, Akhmadi. Pengaruh Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah di Paud Terpadu Aisyiyah Nur’aini Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 630-635, may 2019. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/308>. Date accessed: 29 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v6i2.308.
Keywords
bibliotherapy, anxiety, preschool, child
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 527 times Lampiran sidang downloaded = 0 times