Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesiapan Ibu Dalam Menghadapi Sibling Rivalry Pada Anak Usia Todler
Main Article Content
Abstract
Kesiapan ibu dalam menghadapi Sibling Rivalry pada anak usia todler merupakan hal yang penting karena dapat meminimalkan dampak negatif yang mungkin terjadi dikemudian hari. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kesiapan ibu dalam menghadapi sibling rivalry pada anak usia todler di RS X Bekasi. Metode penelitian korelasi deskriptif analitik dengan desain penelitian Cross Sectional dengan besar sampel 96 ibu yang memiliki dan mengasuh anak usia todler. Hasil penelitian menunjukan 59,4% responden berada pada rentang usia dewasa awal, responden berpendidikan rendah sebesar 55,2%, responden berpengalaman dalam menghadapi Sibling Rivalry sebesar 65,6%, responden memiliki pengetahun yang baik 60,4%, responden memiliki sikap yang positif 60,4%, responden siap dalam menghadapi sibling rivalry 53,1%. Dalam analisis bivariat, ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap dengan kesiapan ibu dalam menghadapi sibling rivalry (p<0,05). Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan peran perawat dalam memberikan asuhan keperawatan mandiri sebagai promosi kesehatan mengenai Sibling Rivalry kepada keluarga.
Downloads
Article Details
Authors who publish with Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License CC-BY that allows others to remix, adapt, build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).