Efektifitas Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bidan Di Pusat Pelatihan Klinik Sekunder (P2KS) Di Yogyakarta

Main Article Content

Eko Mindarsih Murni Murni

Abstract

Salah satu indikator yang dapat dijadikan alat untuk mengukur kualitas kesehatan perempuan adalah dengan Angka Kematian Ibu (AKI) atau Maternal Mortality Rate (MMR) AKI di Indonesia adalah 359 per 100.000 kelahiran hidup. Kementerian Kesehatan RI bersama organisasi profesi membentuk Pusat Pelatihan Klinik Sekunder (P2KS) di tingkat Provinsi yang bernaung dibawah JNPK-KR Peningkatan pengetahuan dan keterampilan  bidan  merupakan salah satu upaya untuk menurunkan kematian ibu. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pelatihan Asuhan Persalinan Normal terhadap tingkat pengetahuan bidan di P2KS Propinsi DIY.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperiment. Bentuk desain penelitian ini adalah Quasi eksperimen  design dengan rancangan penelitian pre test dan post test. Nilai pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan pada responden di P2KS DIY terdapat peningkatan sebelum dan sesudah pelatihan sebesar 13, 3 poin. Hasil efektifitas pelatihan terhadap pengetahuan bidan adalah pelatihan Asuhan Persalinan Normal efektif terhadap tingkat pengetahuan responden dengan nilai p value yang diperoleh sebesar 0,000  (p value 0,000 < 0,05). Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan asuhan persalinan normal efektif terhadap tingkat pengetahuan responden.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MINDARSIH, Eko; MURNI, Murni. Efektifitas Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bidan Di Pusat Pelatihan Klinik Sekunder (P2KS) Di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 533-536, jan. 2019. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/295>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v6i1.295.
Keywords
Efektifitas; Pelatihan; APN
Section
Pediatric Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 778 times