Pemanfaatan Deteksi Stres Remaja Yang Efektif Dan Efisien Melalui Aplikasi: Systematic Review

Main Article Content

Dwi Suratmini Tuti Afriani

Abstract

Populasi saat ini yang didominasi remaja akan berdampak pada bonus demografi Indonesia pada tahun 2020-2030. Masa transisi remaja sangat rentan terjadi stres, yang bila berkelanjutan akan berdampak pada gangguan kesehatan fisik dan mental. Aplikasi untuk deteksi stres pada remaja telah banyak dikembangkan, namun belum diketahui aplikasi yang paling efektif dan efisien. Tujuan artikel ini adalah mengetahui pemanfaatan aplikasi yang efektif dan efisien dalam proses deteksi stress remaja. Artikel didapat dengan pencarian elektronik dari 11 databased jurnal. Kriteria inklusi yang digunakan adalah subjek manusia, berbahasa inggris, free fulltext, dan terbit tahun 2013-2018. Artikel yang dianalisis sebanyak 13 artikel. Aplikasi membuat proses deteksi stress pada remaja menjadi lebih efektif dan efisien. Fitur yang disediakan aplikasi deteksi stress ini dapat mempermudah proses deteksi dengan hasil yang akurat. Aplikasi dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Melalui aplikasi ini remaja menjadi lebih leluasa untuk menggunakannya. Aplikasi Micro-Blog diketahui paling efektif dan efisien dalam membantu deteksi stress pada remaja. Aplikasi mudah digunakan dimana dan kapan saja ini sesuai dengan karakteristik remaja yang dekat akan penggunaan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SURATMINI, Dwi; AFRIANI, Tuti. Pemanfaatan Deteksi Stres Remaja Yang Efektif Dan Efisien Melalui Aplikasi: Systematic Review. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 542-547, jan. 2019. ISSN 2541-2728. Available at: <https://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/293>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v6i1.293.
Keywords
Remaja; Aplikasi; Deteksi Stress
Section
Pediatric Nursing
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 570 times PEMANFAATAN DETEKSI STRES REMAJA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN MELALUI APLIKASI: SYSTEMATIC REVIEW downloaded = 0 times