PENGARUH TERAPI MUSIK SUARA AIR MENGALIR DENGAN BRAINWAVE TERHADAP PENURUNAN INSOMNIA PADA LANSIA DI WILAYAH POSYANDU “SEDAP MALAM” PARE KEDIRI

  • Widyasih Sunaringtyas STIKES KARYA HUSADA KEDIRI
  • Linda Ishariani
  • Ria Agustin Wahyuningtiyas

Abstract

Lansia sering mengalami gangguan tidur biasanya pada malam hari, terbangun di waktu dini hari dan susah tidur kembali, sehingga perlu  tindakan mengatasi insmonia pada lansia salah satunya dengan terapi musik suara air mengalir dengan brainwave .Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh terapi musik suara air mengalir dengan brainwave terhadap penurunan insomnia pada lansia di  wilayah posyandu Sedap Malam Pare Kediri pada tahun 2016. Desain penelitian Pra eksperimen  dengan pendekatan one-group time-series design. Populasi semua lansia di posyandu lansia sedap malam jumlah 20 lansia dengan sampel 6 responden, menggunakan teknik  purposive sampling . Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi serta dianalisa menggunakan uji statistic Wilcoxon Signet Ranks. Hasil penelitian  sebagian besar responden sebelum dilakukan terapi musik air mengalir dengan brainwave mengalami insomnia berat. Setengah dari responden  lansia setelah dilakukan terapi musik air mengalir dengan brainwave mengalami insomnia ringan. Hasil uji statistik Wilcoxon Signet Ranks didapatkan p value 0,046 berarti Ho ditolak artinya ada pengaruh terapi musik suara air mengalir dengan brainwave terhadap penurunan insomnia pada lansia di  wilayah posyandu Sedap Malam Pare Kediri pada tahun 2016. Terapi musik suara air mengalir dengan brainwave dapat menurunkan insomnia dengan cara mengirimkan sinyal penegas ke pikiran bawah sadar sehingga menjadikannya lebih positif. Terapi musik suara air mengalir dengan brainwave dapat dilakukan untuk semua lansia dengan dibantu oleh kader posyandu dengan standar yang telah ditetapkan.

 

Kata Kunci : Terapi Musik, Brainwave,Insomnia.

Published
Jan 30, 2017
How to Cite
SUNARINGTYAS, Widyasih; ISHARIANI, Linda; WAHYUNINGTIYAS, Ria Agustin. PENGARUH TERAPI MUSIK SUARA AIR MENGALIR DENGAN BRAINWAVE TERHADAP PENURUNAN INSOMNIA PADA LANSIA DI WILAYAH POSYANDU “SEDAP MALAM” PARE KEDIRI. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 76-79, jan. 2017. ISSN 2541-2728. Available at: <http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/66>. Date accessed: 19 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.35842/jkry.v4i1.66.
Section
Psychiatric Nursing