Gambaran Implementasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja di Puskesmas Getasan

Paulete Esterlina Pesiwarissa, Sanfia Tesabela Messakh, Bagus Panuntun

Abstract


Remaja rentan mengalami berbagai masalah terkait dengan kesehatan reproduksi. Peran Puskesmas sebagai pemberi layanan kesehatan adalahmeningkatkan keterampilan dan pengetahuan remaja terkait pencegahan masalah kesehatan reproduksi.Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi PKPR di Puskesmas Getasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Partisipan yang dilibatkan dalam penelitian adalah pengelola program kesehatan remaja dan Kepala Puskesmas.Data diperoleh melalui wawancara mendalam, kemudian data yang diperoleh diolah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2018.Dari hasil penelitian didapatkan tiga tema yaitu program Puskesmas terkait kesehatan reproduksi remaja, kebijakan dan fasilitas Puskesmas terkait kesehatan reproduksi remaja dan kendala yang dialami dalam mengimplementasikan program. Kesimpulan dari penelitian ini adalahimplementasi program kesehatan reproduksi remaja di Puskesmas Getasan sudah terlaksanakan dengan baik melalui program-program yang ada didukung oleh kebijakan dan fasilitas yang tersedia demi memberikan pelayanan terbaik bagi para remaja yang ada di lingkup kerjanya, juga terdapat kendala dalam pelaksanaan program yaitu waktu sehingga untuk mengatasi kendala yang ada pihak Puskesmas melakukan negosiasi waktu agar program dapat terlaksanakan.


Keywords


Kesehatan Reproduksi; Remaja; Implementasi program PKPR

Full Text:

PDF

References


Arsan, A.K.N.L., Nyoman, N., Agustini, M, Ketut, I., Purnomo, I. (2013). Peranan Program PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja) Terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja di Kecamatan Buleleng. Singaraja :Universitas Pendidikan Ganesha.

Arsani, A.K.L.N., Agustini, M.N.N. (2013). Remaja Sehat Melalui Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Tingkat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Hidayat, P., H. (2014).Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Menular Seksual Pada Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Media Medika Muda. Universitas Diponegoro.

Indarjo, N., Falatansah, L. (2016). Perbandingan Program Pelayanan KRR oleh Puskesmas yang di Wilayah Kerjanya terdapat lokalisasi dan yang tidak terdapat lokalisasi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Irawan., E. (2016).Gambaran Pengetahuan Remaja tentang Kesehatan Reproduksi di Desa Kertajaya. Jurnal Ilmu Keperawatan. Universitas BSI Bandung.

Kemenkes RI. (2015). Infodatin Reproduksi Remaja,. Pusat Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Kiswati. (2011). Implementation Evaluation Program management (PIK-KRR) Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja oleh Penyuluh Keluarga Berencana di Kabupaten Jember. Jurnal IKESMA Volume 8 Nomor 1 Maret 2012.

Muthmainnah, Jati S, P., Suryoputro A.(2014). Stakeholder Pemerintah Sebagai Prime Mover Keberhasilan Jejaring Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia.

Nurhayati, T. (2014). Perkembangan Perilaku Psikososial pada Masa Pubertas.

Saraswati R., Marsito. (2016). Kontribusi Fungsi Keluarga Terhadap Pencegahan Penularan HIV AIDS Pada Kalangan Remaja Di Desa Sampang Sempor Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan.

Sari.,W. A, Yanti.(2016). Faktor Penyebab Pernikahan Dini di Kelurahan Sampara Kabupaten Konawe. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol.1, No.4 April 2016.

Situmorang, A.(2011). Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja di Puskesmas: Isu dan Tantangan. Jurnal Kependudukan Indonesia. Vol. VI, No.2, 2011.

Tahlil, T., Mudatsir., Afrianti, N. (2017). Analisis Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR).Jurnal Ilmu Keperawatan 2017.

Yulistina, F. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Aborsi terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang Aborsi di SMK Widya Praja Ungaran. STIKES Ngudi Waluyo Ungaran.




DOI: https://doi.org/10.35842/jkry.v6i2.314

Article Metrics

Abstract view : 0 View
PDF - 0 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta

Kampus 2 Universitas Respati Yogyakarta
Jalan Raya Tajem KM.1,5, Maguwoharjo, Depok, Kenayan, Wedomartani
Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282
Email: jk_respati_jogja@respati.ac.id


p-ISSN: 2088-8872 | e-ISSN: 2541-2728


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License



 Indexed by:

  



View my stats