Pengaruh Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah di Paud Terpadu Aisyiyah Nur’aini Yogyakarta

Rosikhah Al Maris, Yayi Suryo Prabandari, Akhmadi Akhmadi

Abstract


Kecemasan masuk sekolah secara sederhana dapat diartikan sebagai bagian dari kecemasan umum akibat rasa takut berpisah dari ibu atau pengganti ibu, dan ketidakmampuan berdiri sendiri. Kecemasan yang dialami oleh anak usia prasekolah  akan berisiko mengganggu tumbuh kembang anak. Pada anak, membaca merupakan bagian dari fokus perkembangan. Biblioterapi merupakan salah satu bentuk dari terapi yang melibatkan buku untuk membantu anak dengan masalah mental maupun emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biblioterapi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’Aini Yogyakarta. Penelitian ini adalah quasi experimental dengan pre-test dan post-test design tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’Aini Yogyakarta pada bulan September 2015 dengan besar sampel 27 responden yang pada pelaksanaan biblioterapi dibagi menjadi tujuh kelompok kecil. Instrumen pengukuran tingkat kecemasan yang digunakan adalah SCAS (Spence Children’s Anxiety Scale) yang ditulis oleh Susan H. Spence tahun 2000.  Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon, dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah biblioterapi berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan tingkat kecemasan anak usia prasekolah di PAUD Terpadu Aisyiyah Nur’Aini Yogyakarta.


Keywords


bibliotherapy, anxiety, preschool, child

Full Text:

PDF

References


Amer. (1999). Bibliotherapy: Using fiction to Help Children in Two Populations Discuss Feelings. Journal of Pediatric, 25(1), p91.5p.

Badan Perencanaan Nasional (Bappenas). (online) http://www.bappenas.go.id/ Diakses pada tanggal 11 Maret 2013 Pukul 20.00 WIB.

Behrman, Robert M., Kliegman, Ann. (2000). Ilmu Kesehatan Anak 15(2) Jakarta: EGC. 854 – 856.

D’Allessandro, D., huth, Lindsay. (2002). Children and School Anxiety. (online) http://www.vh.org.11/05/13 Diakses pada tanggal 15 Juni 2014 Pukul 19.00 WIB.

Dhabhar, F.S., & McEwen, B.S. (2001). Bidirectional effects of stress and glucocorticoid hormones on immune function: Possible explanations for paradoxical observations. Psychoneuroimmunology, 3rd, 301 – 338.

Elvidawati dan Mulyati. (2006). Hubungan antara ketrampilan sosial anak dengan kecemasan masuk sekolah. Psikologi. Naskah Publikasi.

Erikson, E.H. (1994). Identity and the Life Cycle. Online version. New York: International Universities Press.

Gale, A.U., & Austin, B.D. (2003). Professionalism’s challenges to professional counselors collective identitiy. Journal of Counseling & Development, 81(1), 3-10.

Goddard, A. T. (2011). Children's Books for Use in Bibliotherapy. Journal Pediatric Health Care, 57-61.

Gregory, K. W. & Vessey, J. A. (2004). Bibliotherapy: A strategy to help student with bullying. The journal of school Nursing, 20, 127 – 133.

Hayes, J. S., & Amer, K. (1999). Bibliotherapy: Using fiction to Help Children in Two Populations Discuss Feelings. Journal of Pediatric, 25(1), p91.5p.

Kartono, K (2002) . Gangguan-gangguan Psikis. Bandung: Penerbit Sinar Baru.

Maramis, W.F. (2004). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga. University Press.

Myers, E. G. (1983). Social Psychology. Tokyo. McGraw Hill.

Pardeck, J.T., & Pardeck, J.A. (1994). Bibliotherapy: a clinical approach for helping children. New York: Gordon and Breach Science Publishers.

Potter, P.A. & Perry, A.G (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik, 2 (5).Alih Bahasa : Yasmin, A. Jakarta : EGC.

Prater, M.A., Johnstun, M.L., Dyches, T.T., & Johnstun, M.R. (2006). Using children’s books as bibliotherapy for at riskstudents: A guide for teachers, Preventing school Failure: Alternative Education for Children and Youth, 50 (4), 5-10.

Sarinti. (2007). Hubungan Jenis Penyakit dengan Lama Rawat Pasien Gangguan Fungsi Jantung di Ruang ICCU RSU Tugurejo Semarang. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Spence, H., Susan. (2001). The Structure of anxiety symptoms among praescholers. School of Psychology, University of Queesland, Brisbane. Australia.

Stuart G. W., & Sundeen, S.J (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa, edisi 5.Jakarta: EGC.

Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Keperawatan Anak. Penerbit Buku Kedokteran. Jakarta: EGC.

Wong, Dona L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatric. Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.35842/jkry.v6i2.308

Article Metrics

Abstract view : 0 View
PDF - 0 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta

Kampus 2 Universitas Respati Yogyakarta
Jalan Raya Tajem KM.1,5, Maguwoharjo, Depok, Kenayan, Wedomartani
Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282
Email: jk_respati_jogja@respati.ac.id


p-ISSN: 2088-8872 | e-ISSN: 2541-2728


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License



 Indexed by:

  



View my stats