Pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) Terhadap Tingkat Health Literacy Dalam Penanganan Ulkus Kaki Diabetik Di Kota Manado

Ferlan Ansye Pondaag

Abstract


Health literacy yang rendah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan keterlambatan penanganan ulkus kaki diabetik sehingga tidak sedikit penderita yang mengalami amputasi kaki, sehingga perlu edukasi berhubungan erat dengan manajemen Diabetes Melitus menggunakan Diabetes Self Managemen Education (DSME). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pemgaruh Diabetes Self Management Education (DSME) terhadap tingkat health literacy dengan penanganan  ulkus kaki diabetik di Kota Manado. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Health literacy diukur dengan mengunakan quesioner diabetic literacy dan diabetes numeracy. Sampel yang ikut dalam penelitian ini sebanyak 60 orang yang memiliki ulkus kaki diabetik, diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji statistic chi-square untuk melihat hubungan antara variabel independen dan dependen dan uji dan McNemar untuk melihat perbedaan tingkat health literacy sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan health literacy dan penanganan ulkus kaki diabetik dengan uji chi-square dengan nilai p=0,01. Selanjutnya, ada perbedaan tingkat health literacy setelah diberikan intervensi DSME yang ditunjukkan melalui uji McNemar dengan nilai p=0,006. Pasien yang memiliki keterbatasan health literacy cenderung mengalami keterlambatan dalam penanganan ulkus kaki diabetik. Oleh sebab itu petugas kesehatan perlu mengetahui tingkat health literacy ketika berkomunikasi dengan pasien.

Keywords


Diabetes Self Managemen Educatio (DSME); Health literacy; ulkus kaki diabetic

Full Text:

PDF

References


Aalaa M., Malazy O. T., Sanjari M., Peimani M. & Mohajeri-Tehrani M. (2012). Nurses’ role in diabetic foot prevention and care; a review. Journal of Diabetes and Metabolic Disorders, 11(1), 24.

Bains S. S. & Egede L. E. (2011). Associations between health literacy, diabetes knowledge, self-care behaviors, and glycemic control in a low income population with type 2 diabetes. Diabetes Technology & Therapeutics, 13(3), 335–341.

Baker D. W. (2006). The meaning and the measure of health literacy. Journal of General Internal Medicine, 21(8), 878–883.

Chadwick P. et al. (2014). Best Practice Guidelines : Wound management in diabetic foot ulcers. Wounds International, 5(2), 27.

Chew L. D., Bradley K. A. & Boyko E. J. (2011). Brief questions to identify patients with inadequate health literacy. Family Medicine, 36(8), 588–594.

Funnell M. et al. (2010). National standards for diabetes self-management education. Diabetes Care, 33(SUPPL. 1).

Ishikawa H. et al. (2009). Patient health literacy and patient-physician information exchange during a visit. Family Practice, 26(6), 517–523.

Kobayashi L. C., Wardle J., Wolf M. S. & Wagner C. (2014). Aging and functional health literacy: a systematic review and meta-analysis. The Journals of Gerontology Series B: Psychological Sciences and Social Sciences, 1–12.

Margolis D. J., Allen-Taylor L., Hoffstad O. & Berlin J. A. (2010). Diabetic neuropathic foot ulcers. Diabetes Care, 25(10).

Margolis D. J., Hampton M., Hoffstad O., Malay D. S. & Thom S. (2015). Health literacy and diabetic foot ulcer healing. Wound Repair Regen, 23(3), 299–301.

Margolis D. J., Hoffstad O. & Weibe D. J. (2014). Lower-extremity amputation risk is associated with variation in behavioral risk factor surveillance system responses. Diabetes Care, 37(8), 2296–2301.

Paasche-Orlow M. K. & Wolf M. S. (2007). The causal pathways linking health literacy to health outcomes. American Journal of Health Behavior, 31 (Suppl)(Suppl 1), S19–S26.

Sayah F., Williams B., Pederson J. L., Majumdar S. R., & Johnson J. (2014). Health literacy and nurses’ communication with type 2 diabetes patients in primary care settings. Nursing Research, 63(6), 408–417.

Sorensen K., Broucke S., Fullam J., Doyle G., Pelikan J., Slonska Z. & Brand H. (2012). Health literacy and public health: a systematic review and integration of definitions and models. BMC Public Health, 12(1), 80.

Tang T. S., Funnell M. M. & Anderson R. M. (2006). Group education strategies for diabetes self-management. Diabetes Spectrum, 19(2), 99–105.

Uccioli L., Izzo V., Meloni M., Vaineri E., Ruotolo V. & Giurato L. (2013). Non-healing foot ulcer in diabetc patients: general and local interfering conditions and management options with adwanced wound dressings. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

WHO. (2013). Health literacy the solid facts. (F. Apfel & A. D. Tsouros, Eds.). Denmark.

Wolf M. S., Gazmararian J. A. & Baker D. W. (2006). Health literacy and functional health status among older adults. Archives of Internal Medicine, 165(17), 1946–1952.

Yuanita A., Wantiyah & Susanto,T. (2014). Pengaruh diabetes self management education ( dsme ) terhadap resiko terjadinya ulkus diabetik pada pasien rawat jalan dengan diabetes mellitus ( DM ) Tipe 2 di RSD dr . Soebandi Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 2(1), 119–124.




DOI: https://doi.org/10.35842/jkry.v5i3.221

Article Metrics

Abstract view : 0 View
PDF - 0 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.