EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA DI SDN KALONGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Patria Asda, Adolf F Wayon

Abstract


Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jarijari
menggunakan air mengalir dan sabun. Pengetahuan anak mengenai cuci tangan yang
benar sangatlah minim, dikarenakan kurangnya informasi yang di peroleh anak baik dari
orang tua, sekolah maupun dari dinas kesehatan setempat. Pada hal peranan mereka yang
sangat dominan akan mempengaruhi kualitas hidup anak dikemudian hari. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Mencuci
Tangan yang benar Pada Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif, rancangan penelitiannya eksperimen semu (Quasi eksperimen), dengan pendekatan
Time Series Design, dengan jumlah responden 39 orang. Data dianalisis dengan t-test dan
hasil dikatakan bermakna jika p <0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan
nilai rata-rata cuci tangan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan setelah
diberikan pendidikan kesehatan dengan nilai p value < 0,05.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/jkry.v4i3.152

Article Metrics

Abstract view : 0 View
PDF - 0 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.